Rabu, 16 Februari 2011

Hubungan manusia dengan interaksi sosial

Manusia telah berevolusi dengan secara lambat yakni beribi-ribu tahun lamanya sampai lebih tingkat yang lebih tinggi. Dahulu manusia mengalami proses zaman prasejarah, manusia di zaman itu belum mengenal tulisan dan belum mengerti apa-apa. Mereka bekerja belum menggunakan akal, mereka hanya menggunakan penglihatan,dan perabaan.

Manusia adalah makhluk sosial. Jadi, manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia ketergantungan dengan manusia lainnya. Manusia memiliki rasa ingin tahu dengan cara berinteraksi. Berinteraksi adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyanggkut hubungan timbal balik antara orang perorang, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangdengan kelompok manusia. Interaksi sosial tersebut bisa dalam situasi persahabatan bahkan bermusuhan. Syarat terjadinya interaksi sosial adanya kontak sosial dan komunikasi. Salah satu manfaat interaksi sosial adalah motivasi. Motivasi merupakan dorongan, rangsangan, pengaruh atau stimulasi.

Motivasi juga faktor pendorong untuk perubahan sosial. Perubahan sosial adalah modifikasi yang terjadi didalam pola kehidupan manusia. Manusia berkembang jika memiliki pengetahuan. Manusia jika ingin maju, harus memiliki perubahan sosial. Perubahan sosial dibagi dua yaitu perubahan secara lambat ( evolusi ) dan perubahan secara cepat ( revolusi ). Perubahan secara secara lambat adalah perubahan itu seolah-olah tidak terjadi, berlangsung secara lambat dan tidak menimbulkan disintegrasi. Perubahan secara cepat adalah perubhan yang adanya kepentingan umum untuk mengadakan suatu perubahan, perubahan adanya seorang pemimpin atau kelompok untuk memimpin.

Perubahan sosial memiliki faktor internal, faktor internal adalah faktor- faktor penyebab terjadinya perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, antara lain discovery,invention dan inovasi. Discovery adalah penemuan dari suatu unsur kebudayaan yang baru, baik suatu alat atau gagasan baru dari seseorang. Penemuan muncul dan diakui atau diterima yaitu yang disebut invention. Invention adalah apabila penemuan baru telah diakui, diterima dan diterapkan olaeh masyarakat. Setelah itu, terjadinya pembauran yang disebut inovasi. Inovasi yaitu proses pembauran dari penggunaan sumber-sumber energi dan modal, sehingga terbentuk suatu system produksi dari produk-produk baru.
sehingga manusia memiliki pengetahuan yang cukup dalam dari produk poroduk yang di hasilkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar